Diskominfo Pakpak Bharat Presentase Keberhasilan SPBE-nya di Toba

Diskominfo Pakpak Bharat Presentase Keberhasilan SPBE-nya di Toba

Pelaksanaan  atau penerapan Sistem Penerapan Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)  secara nasional sudah merupakan keharusan dan wajib untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih,efektif,transparan , akuntabel ,dan pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

Hal ini dikatakan Bupati Toba Samosir (Toba)  Darwin Siagian dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Plt.Sekdakab Toba, Harapan Napitupulu pada Rapat Peningkatan Pelaksanaan SPBE di lingkungan Kabupaten Toba yang diikuti pimpinan OPD Toba di Balai Data Kantor Bupati Toba,Selasa (7/5/2019).

Dikatakan Bupati Toba, sesuai hasil evaluasi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi ,Kabupaten Toba mendapat nilai indeks SPBE = 1,43 (Kurang).

Pemerintah Kabupaten Toba selanjutnya  akan mengintegrasikan ke sistem nasional aplikasi yang telah ditetapkan diantaranya  APLIKASI e – PLANNING ( e – ARTA) , e – PERIZINAN ( e – SIPATUPA ), e – BUDGETING,    dan  e – LAPOR.

“Pemerintah Kabupaten Toba berkomitmen untuk memenuhi sarana dan prasarana yang diperlukan dalam rangka percepatan pelaksanaan SPBE sehingga tingkat kematangan SPBE dapat memingkat pada tahun 2019,” kata bupati.

Tampil sebagai narasumber Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pakpak Bharat Provinsi Sumatera Utara, Harianto Tinambunan.

Diharapkan dengan presentasi dari narasumber dari Kabupaten Pakpak Bharat yang telah berhasil dengan SPBE tertinggi di Sumut, Pemkab Toba bersama OPDnya dapat menerapkan hal tersebut sesuai tugaa pokok dan fungsinya-mengiventarisir aplikasi sesuai dengan kebutuhannya dengan melakukan koordinasi dengan Dinas Kominfo.

Menurut narasumber Harianto Tinambunan,Kabupaten Pakpak Bharat sendiri sudah menerapkan 30 lebih aplikasi. Bahkan ada aplikasi Onan yang berfungsi menjadikan pedagang pasar tradisional dapat memasarkan dagangannya sehingga mendunia.

Sebelumnya Kadis Kominfo Lalo H.Simanjuntak sebagai Ketua Panitia rapat melaporkan maksud dan tujuan rapat SPBE imi  untuk mengetahui kendala dan hambatan dalam pelaksanaan SPBE dan memberikan saran perbaikan untuk peningkatan kualitas pelaksanaan SPBE.

“Tujuannya adalah melakukan upaya peningkatan yang meliputi pemahaman terhadap  upaya  yang harus dilakukan dan meningkatkan koordinasi antar OPD dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan SPBE di Kabupaten Toba Samosir,” kata Lalo.

Hadir dalam rapat ini Asisten Administrasi Umum Parulian Siregar, pimpinan OPD Toba ,dan beberapa stafnya. (MC Tobasa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.